Sanggar Liza Wedding Blog

Mengenal Test Kesehatan Pranikah.

in Tips, Knowledge

Banyak faktor yang menentukan kesehatan dalam suatu rumah tangga, sehat dalam sosial ekonomi, sehat dalam sisi psikologis, dan tentu sehat secara fisik. Langkah pertama untuk mewujudkan keluarga yang sehat, bisa kamu mulai dengan premarital check up. Tes kesehatan pra nikah ini harusnya sudah tersedia di semua puskesmas, tapi kalau puskesmas di daerah kmau belum tersedia, kamu bisa juga melakukannya di rumah sakit.

Idealnya tes ini di laksanakan tidak terlalu mepet dengan hari H pernikahan, karena diharapkan jika ada penyakit yang terdeteksi, calon pasangan bisa melakukan pengobatan terlebuh dahulu. Maka dari itu, 3- 6 bulan sebelum nikah harus udah ceki ceki ya girl. Terus rangkaian testnya ada apa aja sih? Kita simak ulasan berikut yuuk

Tes Fisik

Literary akan di periksa dari ujung kepala sampai ujung kaki, tes fisik akan jadi penggantar awal untuk rangkain tes berikutnya.

Tes Darah Lengkap

Tes ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ada penyakit yang berhubungan dengan darah di dalam tubuh, seperti anemia, hemofillia atau kesulitan dalam pembekuan darah serta gangguan lainnya.

Tes Golongan Darah dan Rhesus

Masih tentang darah ya, tes rhesus harus masuk daftar check list karena jika kalian dan pasangan memiliki rhesus yang berbeda kalian bisa segera berkonsultasi dengan professional help dalam merencanakan kehamilan.

Tes Urine

Saluran kemih atau saluran kencing juga harus di periksa lho. Tingkat kejernihan, bau, warna dll urine bisa menunjukan apakah kamu dan pasangan memiliki kelainan pada ginjal dan infeksi pada pada saluran urine.

Tes TORCH

TORCH adalah singkatan dari toxoplasma, other diseases, rubella, cytomegalovirus, dan herpes. Salah satu fungsi tes ini adalah guna mengetahui adanya gangguan penyakit pada kesuburan pria dan wanita. Untuk yang punya hewan peliharaan juga harus banget tes TORCH ya.

Tes HIV dan Hepatitis B

Rangkaian test yang ga kalah penting adalah tes HIV dan Hepatitis B karena ini merupakan penyakit yang menular, kalau tidak terdeteksi sebelum menikah maka akan sakit bersama-sama.

Nah itu baru rangkaian tes pranikah yang penting di lakukan, ada beberapa test tambahan lain yang juga perlu di lakukan kalau dokter menemukan indikasi khusus dalam pemeriksaan. Tapi pasti engga akan mager dong ya, kalau kita sadari banyak banget manfaat dari serangkain tes tersebut. Selalu bahwa di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Yuk ajak pasangan pramedical check up !! (SL/A2/HSD)